perempuan yang dihapus namanya


photo by me.

PEREMPUAN YANG DIHAPUS NAMANYA 
oleh Avianti Armand

Buku ini mencuri perhatian saya dengan judul dan bungkusnya yang unik dan menarik.
tidak biasa dan cukup menyindir.
menyindir siapa? sayapun tidak tahu... tapi akhirnya saya beli juga buku puisi ini.
Buku ini berisi tulisan Avianti mengenai 5 wanita di kitab perjanjian lama
Dari seseorang yang tidak membaca alkitab sebelumnya, saya tetap membacanya dan mengambil beberapa hal yang menarik perhatian saya.

Setiap kelokan dan tikungan menyembunyikan 
kegelapan dan menumbuhkan keasuikam, tapi
juga ketegangan yang semakin bertambah.
kita tak lagi yakin apa yang akan kita temukan :
cahaya atau kematian

Semakin lama berjalan, kita semakin
kehilangan arah, kehilangan kepercayaan
akan penjuru, dan akhirnya kehilangan
keterhubungan dengan tempat

Ruang memudar. Kita disana, tapi tidak di
sana. Pelan-pelan kita berada dalam situasi
lain, perspektif lain, perasaan lain, yang sama
sekali baru. Sensasi ini memukau. Dan untuk
sesaat kita tak lagi memedulikan 'pusat' 
yang kita cari. Kita bahkan tak yakin lagi 
apakah 'pusat' itu benar-benar ada.

---
hal.54
2 Samuel 11 : 3

Siapakah aku, Tuanku,
setelah kau renggut bulan dari dahi orang mati
dan meletakkannya di ranjangmu?
Mungkin perempuan yang menuangi langit
dengan air dari buli-buli kosong.
sebuah cawan sumbing
yang meumpahkan anggur ke atas papirus.
Berjejak -
        tak seperti cahaya kemarin.

Telah kau cecap aku
dan kini tak ku kenali

Sejak malam ini aku mungkin bukan aku
dan kau bukan kau dan masa lalu kita
adalah cerita-cerita yang ditumpuk di atas
kekejian dan rasa bersalah.

Suatu hari di bulan ketiga dari pergantian tahun
sebuah pesan terkirim kepada Raja:

Malam adalah kubus dari langit yang jauh.
Di dasarnya,
        sebuah dosa menggelinding ke sudut.

Comments

  1. mbak, klo boleh tau buku ini bisa dibeli dimana ya? saya sdh keliling gramedia, tp sdh kehabisan...

    ReplyDelete
  2. bisa coba cari di Aksara atau Dia.lo.gue di kemang mba... :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih, mbak. sudah nemu di aksara.
    tabik

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts