Sunday Cycling Colonies


Hari minggu yang cerah...
Untuk pertama kalinya, aku menemukan kenikmatan hari mingguku bersama si roo.
Bangun pagi jam 5.30 dan langsung siap-siap bersepeda.
Ternyata banyak sekali teman-teman sepeda yang kutemui di jalan...dan itupun baru perjalanan ke bintaro jaya saja...belum yang tempat-tempat tujuan yang lebih jauh lagi...
bagaikan berbagai macam mahluk keluar dari koloninya dan bergabung di dunia antah berantah ini.

Berangkat dari rumah pukul 6.10.
Jenis sepeda pertama yang saya lihat adalah sepeda pasar, seorang bapak-bapak tua yang baru saja keluar dari pasar, dan kebetulan menyusuri satu arah yang sama denganku dan uniknya, si bapak tua ini ditemani setia oleh kura-kuranya yang duduk di boncengan gerobak dibelakangnya dan si kura-kura ini tidak malu menampangkan mukanya. Sepertinya cukup tua juga si kura-kura itu dan seakan dia menikmati udara segar dari bersepeda.

Sepeda kedua yang kutemui, si anak kecil pengantar koran. Dengan segala semangatnya, dia bersepeda cukup kencang, walaupun sepeda yang ia punya sudah sedikit mulai kekecilan untuk besar badannya, tetapi aku yakin dia anak laki-laki yang tak kenal lelah. Tas selempang dan topi menjadi atribut khas yang saya kenali.

Tak lama kemudian, sewaktu sudah mencapai 5km, saya berhenti sejenak untuk melepas dahaga.
Tiba-tiba angin berhembus cepat dan ternyata saya disalip oleh anak muda dengan kemeja flannel dan sepatu keds tebal yang sedang menggowes sepeda bmx. Tak lupa earphone dan topinya yang ia kenakan.
Setelah puas minum, saya langsung kembali jalan dan sayapun lambat laun berada di belakang sepeda bmx tadi.
Sambil lalu berhasil melewatinya, kami sesama pemakai “headphone’ers” saling melontarkan senyum.

Sekian genjotan kemudian, di seberang jalan, melawan arah yang berbeda, saya melihat koloni sepeda ‘ontel'. Sang pemimpin yang berkendara paling depan memakai baju ‘desa’ yang mengingatkanku pada gambar-gambar masa penjajahan jaman belanda; memakai baju oblong, celana sate, dan topi bundar.
Saya dan mereka pun saling melemparkan senyum dan memberikan tanda bel ”krrringg". Koloni mereka sekitar 7-8 orang.

Hampir memasuki 8km, Saya mencapai bunderan bintaro jaya sektor 8.
Berbagai macam orang sedang berolahraga. Tentunya, tanpa yang menggunakan sepeda lebih banyak lagi. Bunderan tersebut bagaikan sebuah area pertemuan koloni, sebuah pertemuan jalan dari 5 area yang berbeda.

Kembali si sepeda bmx menyusul saya dengan kencang, ternyata ia ditarik oleh temannya yang menggunakan motor. Dan tanpa basa-basi berhenti, sepeda bmx tersebut langsung beraksi dengan melompat dan berputar-putar.

Dalam bunderan itu, saya melihat salah satu koloni termuda.
Bocah cilik, mungkin masih balita yang bersepeda dan diberikan dorongan extra oleh ibunya. Pegangan yang menempel di belakang sepeda kecil itu menjadi bagian dari kekuatan sepeda roda empat itu.

Sampai akhirnya aku berjumpa dengan koloniku.
Koloni sepeda lipat. Firsta, Ludfi, Adnang dan Daniel. Kami menempuh berbagai jalan baru yang mengantarkan kami ke Bumi Serpong Damai, kota satelit yang jaraknya memakan sekitar 25km untuk pulang pergi bintaro-bsd.

Kami mampir di sebuah bernama JPG (Jalur Pipa Gas), disitu kami berjumpa koloni sepeda gunung. Para pengendaranya berseragam lengkap dipenuhi lumpur tanah.
Senyuman ramah saling dilontarkan dan kami lanjutkan perjalanan kami.

Comments

  1. entah kenapa. di solo saya sangat menikmati bersepeda di malam hari. lampu kota membuat bayangan pohon yang seolah hidup. lampu sepeda yang berpijar memberi cahaya redup yang cukup untuk bersepeda. bertemu teman di wedangan (angkringan). teh jahe hangat. udara malam, keringat, sejuk angin, duduk tegak di theGUDEL, botol gepeng di kantong belakang, aspal lurus di depan. ... hehehe. di jakarta pasti cukup rawan bersepeda malam ya... saya pernah liat satu yang harus membawa banyak lampu.

    ReplyDelete
  2. pose lo kyknya cape bener tuuuhhh :D

    ReplyDelete
  3. masih semangat.. walau lumayan dr bintaro

    ReplyDelete
  4. layakya geng pespa ketemu anak harley yah? hihih

    ReplyDelete
  5. wah semoga bertahan beck!...
    kl pengalaman gw dalam berlari pagi, gw cuman bertahan berapa minggu doang...hehehe
    salam olah raga!

    ReplyDelete
  6. semoga terus... bener kata domz...

    jangan terlalu cape juga lohhhh...

    ReplyDelete
  7. salam!!....

    apa mau beralih pindah ke sepeda?!! wekek....

    ReplyDelete
  8. thx bebe...aku lagi nunggu kamu niy ikutan....

    :P

    ReplyDelete
  9. ow, dikau pake kacamata juga, jeng? suka melorot ga kalo keringetan? gue males banget pake kacamata, apalagi sepedaan. pakenya malem doang. udah beli tali kacamata, ternyata gagangnya kekecilan. samjugbo, sama juga boong, melorot ga karuan hehehe... hodob.

    ReplyDelete
  10. wih beckyroo udah main ke JPG! HEBAT!!!

    ReplyDelete
  11. bu, titlenya beneran 20nov2008? *garuk2 kepala sambil liat kalender*

    ReplyDelete
  12. seru ya naik sepeda, jadi pengen nih..

    ReplyDelete
  13. iya pakai...agak burem kalau lihat jauh...
    pengen punya talinya...tapi pengen punya sunglasses...trus pengen saddle baru...trus trus...wakkkkks....ngga ada habisnya...phew

    ReplyDelete
  14. sepedaan disana lebih seru lagi udaranya win...
    hmm, tapi lagi winter ya disana...? ngga papa, bikin hangat....
    :D

    ReplyDelete
  15. Gue dukung sadel barunya, Beck! Masi pake sadel ori sampe sekarang? Hebat euy... Kan keras tuh.
    Posting cerita gowes ke ICE dong, yah yah? Udah ke RL BSD belom? Ngeces-ngeces ngeliat fotonya di mpnya momobilanku & ozy1.

    ReplyDelete
  16. iya masih pakai...lagi nunggu awal bulan lagi deh untuk saddle...
    hehe...
    aku ngga ke ICE mba...tadinya mau kesana, tapi kesorean...jalan2 sama yang lainnya ke RL BSD dan sekitarnya...eh ngga kerasa udah jam 2, dan saya musti cepat pulang...

    ...toko RL nya besar...hmmmm....

    ReplyDelete
  17. tapi kan aku sehat...heehe...
    kamu kan juga basket kalau minggu...
    cups

    ReplyDelete
  18. ini di mana ya Beck? itu toko sepeda? oiya, btw.. akhirnya sekarang gw beralih ke folding bike juga nih...

    bisa gowes bareng nih kita.....:)

    ReplyDelete
  19. iya ini di toko sepeda...hehe...
    mampir2..

    asyiek, kita gowess...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts